Leave a comment

Profil Perusahaan Bisnis Informatika

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

NAMA : ANDRI FIRMAN CAHYANTO

KELAS : 4IA12

NPM    : 50412835

 

PROFIL PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BIDANG BISNIS INFORMATIKA

ZALORA

 

 

Profil  
Zalora.co.id adalah sebuah situs berbelanja online atau online shop yang menyediakan

alat-alat elektronik, computer,gadget,pakaian,sepatu,aksesoris dll.

 Sejarah

Zalora.com (Versi Internasional) atau Zalora.co.id (Zalora Indonesia). ZALORA, adalah sebuah toko online yang baru-baru ini ikut meramaikan pasar E-commerce di Indonesia. ZALORA Indonesia adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina. ZALORA adalah partner dari toko barang elektronik Lazada.co.id. Lokasi kantor ZALORA Indonesia berada di Menara Bidakara I, Lt. 17 Jl. Jendral, Gatot Subroto Kav. 71 – 73, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, 12870 (PT. Fashion Eservices Indonesia).

Situs belanja online ini merupakan salah satu cabang dari toko online terbesar di Eropa, Zalando. Di lingkup Asia namanya Zalora yang memiliki adik perusahaan di delapan negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan FIlipina. Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis e-commerce di tanah air akan berhasil. Karena akses ke daerah kecil masih kurang, dengan adanya Zalora semua orang punya akses. Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, dll.
Saat ini Zalora sudah memasarkan produknya di Mobile app, yaitu Zalora Mobile App yang dapat didownload pada Smartphone berbasis android. Zalora Android App ini memungkinkan para pengguna yang gemar berbelanja untuk menerima push notification untuk setiap barang baru dan promo khusus sehingga mereka akan selalu memperoleh informasi fashion terkini. Melalui aplikasi ini para pengguna juga dapat dengan mudah mengakses informasi produk secara keseluruhan termasuk gambar, peringkat dan ulasan produk.

Lebih jauh lagi, kemampuan built-in dari OS Android menjadikan tampilan animasi Zalora Android App lebih menarik, salah satunya ketika para pengguna akan menambahkan dan menyimpan belanjaan ke dalam shopping cart. Beragam pilihan metode pembayaran pun semakin memudahkan aktivitas belanja online pelanggan yang mendownload aplikasi ini.
Sistem Penjualan Zalora

Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C ( Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan. Zalora menawarkan produk-produk dari berbagai brand terkemuka baik lokal maupun internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah :

  1. Menawarkan sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali. untuk pulau Sumatera dan  Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000 . Sedangkan wilayah  Indonesia Timur dan Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian dibawah Rp 300.000.
  2. 2. Sistem COD di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD  menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
  1. 30 hari garansi uang kembali  *berlaku ketentuan Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja  via telepon dengan nomor : 021-29490100
  • d Jumat : 09.00 – 21.00 WIB
  • Sabtu : 09.00 – 13.00 WIB  email : help@zalora.co.id

Waktu Pengiriman

WAKTU PEMESANAN PENGIRIMAN ESTIMASI PENERIMAAN ORDER
Senin – Jumat, Sebelum 18.00 Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dari pemesanan). Order Anda akan sampai diantara Senin – Sabtu.
Senin – Jumat, Setelah 18.00 Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dihari kerja berikutnya).
Sabtu dan Minggu Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dihari kerja berikutnya).

Cara Pembelian di Zalora

  1. Masuk ke http://www.zalora.co.id.
  2. Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang diinginkan.
  3. Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja.
  4. Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi.
  5. Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di ZALORA, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
  6. Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
  7. Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda.
  8. Kolom Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu kredit).
  9. Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang ingin Anda pesan sudah sesuai.
  10. Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.

*. Tersedia juga aplikasinya pada Google Play dan App Store

Keamanan

Pihak zalora memberikan keamanan terhadap proses pembayaran dengan cara melakukan transaksi pembayaran melalui Transfer ATM, dan jika masih tidak percaya atau Bahasa kasarnya takut tertipu, pihak zalora memberikan fasilitas COD (Cash On Delivery) pembayaran langsung apabila barang telah sampai. Zalora menjamin keamanan dari data yang di input oleh costumer.

ZALORA memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman. Kami menyimpan informasi pribadi Anda dengan cara:

  • Membatasi akses ke dalam informasi pribadi Anda
  • Mengurus dan mengelola produk-produk teknologi kami untuk mencegah akses komputer yang tidak memiliki izin
  • Secara aman menghancurkan informasi pribadi Anda saat kami tidak lagi membutuhkannya untuk tujuan catatan retensi

ZALORA menggunakan teknologi 128 – bit SSL (secure sockets layer) encyption saat memproses rincial finansial Anda. 128-bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat

KOMENTAR

Mudah. Itulah kata yang paling tepat untuk merepresentasikan proses belanja di Zalora. Zalora telah mendesain sebuah system navigasi yang mampu memandu konsumen untuk transaksi dan membeli barang dengan mudah. Konsumen tinggal mengikuti prosedur yang sudah dibuat dan langsung bisa berbelanja.

Pertama, kita membuat akun di Zalora terlebih dahulu. Selanjutnya, kita bisa langsung berbelanja dengan mengisi keranjang belanja kita. Selanjutnya, Zalora akan mengirim email konfirmasi pemesanan pada kita. Lalu, kita tinggal memilih cara pembayaran lewat kartu kredit, bank transfer, atau pembayaran tunai saat pengiriman (cash on delivery). Pembayaran lewat kartu dapat dilakukan lewat Visa, Mandiri, dan BCA. Selain itu, Zalora menyediakan layanan  pembayaran COD yang tersedia di 32 kota.

Dan saya pun mempunyai pengalaman pribadi dalam penggunaan layanana zalora melalui pembayaran COD dan hasilnya tidak mengecewakan karena pengirimannya tepat waktu tanpa adanya waktu molor dan barang yang saya inginkan datang jam 8 itu sangat tidak mengganggu sistem perkuliahan saya. Barang yang saya beli adalah 2 buah kaos hitam total harga adalah Rp 142.000 itu sudah termasuk ongkos kirim. Setelah saya terima barang bungkusan melalui kurir Zalora dan saya membuka isi bungkusan tersebut dan ternyata kemasan terpasang rapi dan terlihat aman dari air, di dalam kemasan tersebut juga terdapat 4 kertas hvs yang berisi :

  1. Gambar, order nomer dan kualitas produk
  2. Peraturan Pengembalian Barang ( Return Slip).
  3. Biaya pengiriman ( Tax Invoice )
  4. Total pembayaran termasuk ongkos kirim (Merchant Invoice)

Dan slip yang di atas bisa saya simpulkan bahwa Zalora benar- benar memanjakan pelanggannya dengan member kenyamanan, keamanan dan ketetapan janji – janji mereka dan membuat saya pun lebih percaya dan tidak akan piker panjang lagi untuk membeli produk lain di Zalora. Sekian dan terimakasih

Sumber

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/ZALORA_Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

wawan's blog dunitro

tempat belajar dan mempelajari

andrifirmanc

A fine WordPress.com site

%d bloggers like this: